Sabtu, 08 Desember 2012

Makalah Bahasa Indonesia Tentang Akhlak


BAHASA INDONESIA
PENGHANTAR STUDI AKHLAK
( KALANGAN ANAK & REMAJA )

Diajukan  Untuk Memenuhi Tugas Mandiri
Mata Kuliah   : Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu      : Indrya Mulyaningsih, M.Pd










Achmad Fauzi ( 14121110027 )

Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI – A)
Fakultas Tarbiyah
INSTITUT AGAMA ISLAM  NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
2012



BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
            Manusia bukanlah malaikat yang lepas dari kesalahan dan dosa, sanggup beribadah dan bertasbih selamanya, namun manusia juga bukan syaitan yang senantiasa salah, sesat dan menyesatkan.akan tetapi manusia adalah makhluk yang diberikan dan dibekali oleh Allah akal dan nafsu. ditambah lagi dengan qalbu kesinambungan akal dan nafsu disertai dengan hati yang bersih menjadikan manusia mendapatkan derajat yang tinggi dari malaikat.
Kalau kita tengok sejarah kebelakang sebelum islam itu datang, kita dapat temukan refernsi-referensi tentang bejad dan tercelanya sifat para kaum-kaum jahiliyah yang tidak mempunyai peradaban yang murni. mereka hanya mengumbar nfsu belaka tanpa mementingkan etika yang baik dan mulia. Ini semua adalah disebabkan oleh tidak adanya aturan dalam hidup, oleh sebab itu Allah SWT mengutus seorang Nabi yang merupakan Nabi dan Rasul terakhir yang diutus hingga akhir zaman untuk menyempurnakan akhlak dimuka bumi ini terkhusus bagi bangsa arab sendiri sebagaimana diterangkan dalam hadist berikut:
انما بعثت لاتمم مكارم الاخلاق
Artinya: ‘‘Sesungguhnya aku (Muhammad) di utus untuk menyempurnakan akhlak’’
Hadits diatas menunjukan kepada kita, bahwa benar-benar Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan dan memaksimalkan akhlak baik di dunia ini, karena dengan akhlak baiklah maka kan berbuah syurga yang dinanti.Maka dengan adanya pengutusan nabi dan rosul terakhir ini terbukti adanya perubahan yang sangat signifikan yang merubah dari zaman kegelapan menjadi zaman terang benderang.Keadaan ini pun berlangsung sangat lama karena benar-benar pengaruh nabi Muhammad begitu terasa.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat di rumuskan masalah sebagai berikut.
1.      Pengertian akhlak yang di lihat dari segi bahasa. ?
2.      Ciri-ciri akhlak yang islami. ?
3.      Macam-macam akhlak. ?
C.      Tujuan Penulisan
Secara umum Diharapkan baik penyusun maupun pembaca dapat lebih memahami dan menerapkan perihal Akhlak dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga baik penyusun maupun pembaca dapat menjadi contoh yang baik bagi lingkungannya.Selain itu juga sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Hadits I, agar telaksana tujuan pendidikan yang diharapkan.
1
BAB II
PEMBAHASAN
PENGHANTAR STUDI AKHLAK
A.    Pengertian Akhlak

Dilihat dari sudut (etimologi), pengertian akhlak (bahasa arab) adalah bentuk jamak dan kata khluk.Khluk di dalam kamus al-Munjid budi pekerti , perangai, tingkah laku dan tabiat. Asmaran (1992 : 2 )
“Al-Khluk ialah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan”.

Jadi pada hakikatnya khluk ( budi pekerti ) atau akhlak ialah suatu kondisiatau sifat yang telah meresapdalam jiwa dan menjadi keperibadian hingga dari situ timbullah berbagai macam perbuatan dengan cara sepontan dan mudah tanpa dibuat-buat dan tanpa memerlukan pemikiran. Apabila dari kondisi tadi timbul kelekuan yang baik dan terpuji menurut pandangan syariat dan akal pikiran, maka ia di namakan budi pekerti mula dan sebaliknya apabila yang lahir kelekuan yang buruk,maka disebutlah budi pekerti yang tercela.

Menurut Ahmad Amin ( 1975 : 62 ) menyatakan “bahwa Akhlak ialah kebiasaan kehendak.” Ini bererti bahwa kehendak itu bila di biasakan akan sesuatu maka kebiasaannya itu disebut akhlak. Contoh nya, bila kehendak itu dibiasakan memberi , maka kebiasan itu ialah akhlak dermawan.”Dekat dari batas arti ( dinifition ) ini, perkataan setengah dai mereka : akhlak ialah menangnya keinginan dari beberapa keinginan manusia dengan langsung berturut-turut.
Di dalam Ensiklopedi pendidikan dalam Asmaran ( 1992 : 2 ) dikatakan “bahwa Akhlak ialah budi pekerti, watak, kesusilaan ( kesadaran etik dan moral ) yaitu kelekuan baik yang merupakan akibat dari sikap jiwa yang benar terhadap khaliknya dan terhadap manusia.”
Ahmad Amin, dalam Asmaran ( 1992 : 5 ) menerangkan “bahwa Ilmu Akhlak ialah ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang manusia kepada orang lain, menyatakan tujuan yang harus dituju oleh manusia di dalam perbuatan mereka dan menunjukan jalan untuk melekukan apa-apa yang harus di perbuat.”
Ya’qub,Hamzah ( 1983 : 12 ),”Dalam bukunya etika Islam mengemukakan pengertian ilmu akhlak mengatakan :
            Adapun pengertian sepanjang terminology yang dikemukakan oleh ulama akhlak antara lain :
a.       Ilmu Akhlak adalah Ilmu yang menentukan batas antara baik dan buruk, antara yang terpuji dan yang tercela, tentang perkataan atau perbuatan menusia lahir dan batin.


2
b.      Ilmu Akhlak adalah Ilmu pengetahuan yang memberikan pengertian tentang baik dan buruk, Ilmu yang mengajarkan pergaulan manusia dan menyatakan tujuan mereka yang terakhir dari seluruh usaha dan pekerjaan mereka.”
Secara epistemologi atau istilah akhlak bisa diartikan berbagai perspektif sesuai dengan para ahli tasawuf diantaranya :
  1. Ibnu Maskawaih memberikan definisi sebagai berikut:
حَالً لِلنَّفْسِ دَاعِيَةٌ لهَاَ اِلَى اَفْعَالِهَا مِنْ غَيْرِ فِكْرٍ وَرُوِيَّةٍ
Artinya:
“Keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan pikiran (lebih dahulu)”.
2.      Imam Al-Ghozali mengemukakan definisi Akhlak sebagai berikut:
اَلْخُلُقُ عِبَارَةٌ عَنْ هَيْئَةٍ فِى النَّفْسِ رَاسِخَةٍ عَنْهَا تَصْدُرُ اْلَافْعَالُ بِسُهُوْلَةٍ وَيُسْرٍمِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ اِلَى فِكْرٍ وَرُوِيَّةٍ
Artinya:
Akhlak ialah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa yang daripadanya timbul perbuatan-perbuatan dengan mudah, dengan tidak memertrlukan pertimbangan pikiran (lebih dahulu)”.
3.      Prof. Dr. Ahmad Amin memberikan definisi, bahwa yang disebut akhlak “Adatul-Iradah” atau kehendak yang dibiasakan. Definisi ini terdapat dalam suatu tulisannya yang berbunyi:
عَرَفَ بَعْضُهُمْ اْلخُلُقَ بِأَنَّهُ عَادَةُ اْلِارَادَةِ يَعْنِى أَنَّ اْلِإرَادَةَ اِذَا اعْتَادَتْ شَيْأً فَعَادَتُهَا هِيَ الْمُسَمَّاةُ بِالْخُلُقِ
Artinya:
“Sementara orang membuat definisi akhlak, bahwa yang disebut akhlak ialah kehendak yang dibiasakan.Artinya bahwa kehendak itu bila membiasakan sesuatu, maka kebiasaan itu dinakamakan akhlak.”
Makna kata kehendak dan kata kebiasaan dalam penyataan tersebut dapat diartikan bahwa kehendak adalah ketentuan dari beberapa keinginan manusia setelah bimbang, sedang kebiasaan ialah perbuatan yang diulang-ulang sehingga mudah melakukannya.Masing-masing dari kehendak dan kebiasaan ini mempunyai kekuatan, dan gabungan dari kekuatan dari kekuatan yang besar inilah dinamakan Akhlak.
Sekalipun ketiga definisi akhlak diatas berbeda kata-katanya, tetapi sebenarnya tidak berjauhan maksudnya, Bahkan berdekatan artinya satu dengan yang lain. Sehingga Prof. Kh. Farid Ma’ruf membuat kesimpulan tentang definisi akhlak ini sebagai berikut:
“Kehendak jiwa manusia yang menimbulkan perbuatan dengan mudah karena kebiasaan, tanpa memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu”.


3
Dari pengertian di atas dapat dirumuskan bahwa Ilmu Akhlak ilmu yang membahas perbuatan manusia dan mengajarkan perbuatan baik yang harus dikerjakan dan perbuatan jahat harus dihindari dalam pergaulannya dengan Tuhan, manusia dan makhluk ( Alam ) sekelilingnya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai moral.
Dalam pembahasan akhlak atau Ilmu akhlak ada beberapa istilah yang sering di gunakan untuk mengatakan akhlak atau ilmu akhlak tersebut. Istilah-istilah itu adalah :
1.      Etika
Perkataan etika berasal dari bahasa yunani ethos yang bererti adat kebiasaan. Dalam pelajaran filsafat, etika merupakan bagian dari padanya. Di dalam Ensiklopedi Pendidikan diterangkan bahwa etika adalah filsafat tenteng nilai, kesusilaan tentang baik dan buruk. Etika sebagai salah satu cabang dari filsafat yang mempelajari tingkah laku manusia untuk menentukan nilai perbuatan tersebut. Maka ukuran untuk menentukan nilai itu adalah akal pikiran. Dengan kata lain akallah orang dapat menentukan baik buruknya perbuatan manusia.
Ya’qub, Hamzah ( 1983 : 13 ), menyimpulkan / merumuskan : “Etika ialah Ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran.
a.      Tujuan Mempelajari Etika
“Tujuan adalah sesuatu yang dikehendaki, baik individu maupun kelompok.tujuan etika yang dimaksud merupakan tujuan akhir dari setiap aktivitas manusia dalam hidup dan kehidupannya yaitu untuk mewujudkan kebahagiaannya.Tujuan utama etika yaitu untuk menemukan, menentukan, membatasi dan membenarkan kewajiban, hak cipta moral dari individu dan masyarakatnya, baik masyarakat pada umum, khususnya masyarakat profesi.” Rahmaniyah ( 2010 : 62 ).
“aliran yang sepaham untuk mencapai kebahagiaan adalah aliran Hedonisme. Aliran ini berpendapat bahwa tujuan akhir dari kehidupan manusia adalah kesenangan. Kesenangan dimaksudkan sebagai kebahagiaan, tanpa derita dan kebahagiaan terbesar tertinggi.” Mudlor ( hal: 32).
b.      Fungsi Etika
“Etika sebagai suatu ilmu, merupakan suatu cabang ilmu dari filsafat. Sifatnya peraktis, normatif dan fungsional, sehingga dengan demikian merupakan suatu ilmu yang langsung berguna dalam pergaulan hidup sehari-hari. Etika juga dapat menjadi asas dan menjiwai norma-norma dalam kehidupan, disamping sekaligus memberikan penilaian terhadap corak seseorang sebagai manusia. Burhanuddin ( 1997 : 13 ).
I Gede A.B Wiranata dalam Rahmaniya ( 2010 : 64 ) menuliskan, “beberapa pendapat para ahli tentang fungsi etika, di antaranya adalah Rohaniawan Franz Magnis Suseno, ia menyatakan bahwa


4
etika berfungsi untuk membantu manusia mencari orientasi secara kritis dalam berhadapan dengan moralitas yang membingungkan. Etika adalah pemikiran sistematis dan yang dihasilkannya secara langsung bukan kebaikan,melainkan suatu pengertian yang lebih mendasar dan keritis.”
c.       Macam-macam Etika.
Dalam membahas etika sebagai ilmu yang menyelidiki tnggapan kesusilaan atau etis,yaitu sama halnya dengan berbicara moral ( mores ).
Muslich dalam Rahmaniyah ( 2010 : 66 )” Nilai-nilai atau norma-norma yang dikaitkan dengan etika,terdapat dua macam etika, yaitu :
§  Etika Deskriptif
Etika Deskriptif ialah etika di mana objek yang dinilai ialah sikap dan perilaku manusia dalam mengejar tujuan hidupnya sebagai mana adanya, ini tercemin pada situasi dan kondisi yang telah mempubotensi di masyarakat secara turun temurun.
§  Etika Normatif
Etika normatif yaitu sikap dan perilaku manusia atau masyarakat sesuai dengan norma dan moralitas yang ideal. Etika ini secara umum dinilai memenuhui tuntunan dan perkembangan dinamika serta kondisi masyarakat. Ada tuntunan yang menjadi acuan bagi umum bagi semua pihak dalam menjalankan perikehidupan.”
d.      Faktor- faktor Yang Memepengaruhi Etika
Segala perbuatan dan tindakan manusia yang memiliki corak berbeda antara yang satu dan yang lainnya, pada dasarnya merupakan adanya pengaruh dari dalam manusia dan motivasi yang disupai dari luar dirinya. Untuk itu ada beberapa yang turut mempengaruhi dan motivasi seseorang dalam berpilaku dan beretika, di antaranya yaitu :
·         Insting ( Naluri )
Isting adalah seperangkat tabiat yang di baea manusia sejak lahir. Menurut james dalam M. Yatim ( 2007 : 76 ) “isting adalah sifat yang menyampaikan pada tujuan akhir.” Insting merupakan kemampuan yang melekat sejak lahir dan dibimbing oleh nalurinya. Dalam insting terdapat tiga unsur kekuatan yang bersifat psikis, yaitu mengenal ( kognis ), kehendak ( konasi ), dan perasaan ( emosi ). Unsur-unsur tersebut juga terdapat pada bintang. Insting yang berarti juga naluri, merupakan dorongan nafsu yang timbul dalam batin untuk melekukan suatu kecenderungan khusus dari jiwa yang di bawa sejak ia dilahirkan.
Adai ( kebiasaan ) adalah setiap tindakan dan perbuatan seseorang yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi kebiasaan.
Sahilum ( 1999 : 48 ) menyatakan “ semua perbuatan baik dan buruk itu menjadi kebiasaan karena adanya kecenderungan hati terhadapnya dan menerima kecenderungan tersebut dengan di sertai perbuatan berulang-ulang secukupnya.”
5
Maka sifat dari adat kebiasaan itu sendiri adalah mudah mengerjakan pekerjan yabg sudah dibiasakan tersebut. Tidak memakan waktu dan perhatian dari sebelumnya.
·         Pola Dasar Bawaan
Dahulu orang beranggapan bahwa manusia di lahirkan dalam keadaan yang sama, baik jiwa maupun bakatnya. Kemudian faktor pendidikan yang dapat mengubah mereka menjadi berlainan satu dengan lainnya. Di dalam ilmu pendidikan, dia mengenal perbedaan pendapat di antara aliran nativisme. Aliran ini berpendapat bahwa seseorang itu ditentukan oleh bakat yang di bawa sejak lahirnya. Pendidikan tidak bisa mengubah perkembangan jiwa seseorang. Sedangkan menurut perkembangan empirisme seperti yang dikatakan John Lock dalam teori tabula rasa, bahwa perkembangan jiwa anak tersebut mutlak ditentukan oleh pendidikan atau faktor lingkunga.teori konvergensi berpendapat ahwa faktor dasar dan ajar bersama-sama membina perkembangan jiwa manusia. Pola dasar manusia mewarisi beberapa sifat tertentu dari kedua orang tuanya, bisa mewarisi sifat-sifat jasmaniah, juga mewarisi sifat-sifat rohaniahnya.
·         Lingkungan
Salah satu aspek yabg juga memberikan sumbangan terhadap terbentuknya corak dan tingkah laku seseorang adalah faktor lingkungan di mana ia berada. Lingkungan adalah ruang lingkup yang berinteraksi dengan lisan yang dapat berwujud benda-benda seperi air, udara, bumi, langit, dan matahari. Lingkungan manusia, yaitu segala sesuatu yang mengelilinginya seperti gunung, lautan, udara, sungai, negeri, perkampungan, dan masyarakat sekitarnya. Lingkungan terdiri dari jua jenis yaitu , lingkungan alam dan lingkungan pergaulan ( sosial ).
2.      Moral
“Perkataan moral berasal dari bahasa latin mores yaitu jamak dari mos yang berarti adat kebiasaan. Di dalam Kamus Bahasa Indonesia dikatakan bahwa moral adalah baik buruk perbuatan dan kelekuan”. ( Poerwadarminta : 1982 : 654).
Menurut Hornby dalam Asmaran ( 1992 : 8 ) di dalam “The Advanced Leaner’s Dictionary of current English di kemukakan beberapa pengertian moral sebagai berikut :
a.       Concerning principles of right and wrong,
b.      Good and virtuous,
c.       Able to understand the difference between right and wrong,
d.      Teaching or illustrating good behavior.
Artinya :
a.       Prinsip-prinsip yang berkenaan dengan benar dan salah,
b.      Baik dan buruk,
c.       Kemampuan untuk memehami perbedaan antara benar dan salah,
d.      Ajaran atau tingkah-laku yang baik.
Dalam keterangan di atas, moral merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan batasan terhadap aktifitas manusia dengan nilai atau hukum baik dan buruk, benar atau salah.  Dalam kehidupan sehari-hari dikatakan bahwa orang yang mempunyai tingkah-laku yang baik disebut orang yang bermoral .

6
 Dalam hal ini ya’qub,Hamzah ( 1983 : 14 ) menyatakan.”yang di maksud moral ialah sesuai dengan ide-ide yang umum diterima tentang tindakan manusia mana yang baik dan wajar.”
Perbedaan lain antara etika dan moral, yakni etika lebih banyak bersifat teoritis sedang moral lebih banyak bersifat praktis. Etika memandang tingkah-laku manusia secara universal (umum), sedang moral secara local. Moral menyatakan ukuran, etika menjelaskan ukuran itu.
3.      Kesusilaan
Setelah istilah-istilah di atas, di dalam bahasa Indonesia untuk membahas buruk-baik tingkah-laku manusia juga sering digunakan istilah kesusilaan.Kesusilaan berasal dari kata susila yang mendapat awalan ke dan akhiran an. Susila berasal dari kata Sansekerta, yaitu Su dan Sila. Su berati baik,bagus dan Sila berate dasar, prinsip, peraturan hidup atau norma. Didalam Kamus Umum Bahasa Indonesia dikatakan, susila berate sopan, berdab, baik budi bahasanya. Dan kesusilaan sama dengan kesopanan. Ini menunjukan bahwa kesusilaan bermaksud membimbing manusia agar hidup sopan sesuai dengan norma-norma tata susila. ( Poerwadarminta : 1982 : 982 ).
B.     Ciri-ciri Akhlak Yang Islami
Persoalan “Akhlak” di dalam islam banyak dibicarakan dan dimuat pada Al-Qur’n dan Al-Hadits.  Sumber tersebut merupakan batasan-batasan dalam tindakan sehari-hari bagi manusia.Ada yang menjelaskan arti baik dan buruk. Memberi informasi kepada umat, apa yang semestinya harus diperbuat dan bagaimana harus bertindak. Sehingga dengan mudah dapat diketahui, apakah perbuatan itu terpuji atau tercela, benar atau salah.
Kita telah mengetahui bahwa akhlak islam adalah merupakan system moral/akhlak yang berdasarkan islam, yakni bertitik tolak dari akidah yang diwahyukan Allah pada nabi/Rasul-Nya yang kemudian agar disampaikan kepada umatnya.
Akhlak islam, karena merupakan system akhlak yang berdasarkan kepercayaan kepada Tuhan, maka tentunya sesuai pula dengan dasar daripada agama itu sendiri. Dengan demikian, dasar/sumber pokok daripada akhlak islam adalah Al-Qur’an dan Al-Hadits yang merupakan sumber utama dari agama islam itu sendiri.
Dinyatakan dalam sebuah hadits Nabi:
عَنْ اَنَسِ بْنِ ماَلِكٍ قَالَ النَّبُّى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَرَكْتُ فِيْكُمْ اَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا ماَ تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللهِ وَسُنَّةَ وَرَسُوْلِهِ
Artinya:
“ Dari Anas Bin Malik berkata: Bersabda Nabi Saw: Telah kutinggalkan atas kamu sekalian dua perkara, yang apabila kamu berpegang kepada keduanya, maka tidak akan tersesat, yaitu Kitab Allah dan Sunah Rasul-Nya”.
Memang tidak disangsikan lagi dengan bahwa segala perbuatan/tidakan manusia apapun bentuknya pada hakikatnya adalah bermaksud untuk mencapai kebahgiaan (saadah), dan hal ini adalah sebagai “natijah” dari problem akhlak. Sedangkan saadah menurut system moral/akhlak yang agamis (islam), dapat dicapai dengan jalan menuruti perintah Allah yakni dengan menjahui segala larangan Allah dan mengerjakan segala perintah-Nya, sebagaimana yang tertera dalam pedoman dasar hidup bagi setiap muslim yakni Al-Qur’an dan Al-Hadits.
7
Sehubungan dengan Akhlak Islam, Drs. Sahilun A, Nasir menyebutkan bahwa Akhlak Islam berkisar pada:
  1. Tujuan hidup setiap muslim, ialah menghambakan dirinya kepada Allah, untuk mencapai keridhaan-Nya, hidup sejahtera lahir dan batin, dalam kehidupan masa kini maupun yang akan datang.
  2. Dengan keyakinannya terhadap kebenaran wahyu Allah dan sunah Rasul-Nya, membawa konsekuensi logis, sebagai standar dan pedoman utama bagi setiap akhlak seorang muslim. Ia memberi sangsi terhadap akhlak dalam kecintaan dan kekuatannya kepada Allah, tanpa perasaan adanya tekanan-tekanan dari luar.
  3. Keyakinannya akan hari kemuadian/pembalasan, mendorong manusia berbuat baik dan berusaha menjadi manusia sebaik mungkin, dengan segala pengabdiannya kepada Allah.
  4. Ajaran Akhlak Islam meliputi segala segi kehidupan manusia berdasrkan asas kebaikan dan bebas dari segala kejahatan. Islam tidak hanya mengajarkan tetapi menegakkannya, dengan janji dan sangsi Illahi yang Maha Adil. Tuntutan moral sesuai dengan bisikan hati nurani , yang menurut  kodratnya cenderung kepada kebaikan dan membenci keburukan.
C.    Macam-Macam Akhlak
1. Akhlak kepada Allah
Beberapa akhlak yang sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai mahluk kepada kholiq-Nya, diantaranya:
  • Beribadah kepada Allah, yaitu melaksanakan perintah Allah untuk menyembah-Nya sesuai denganperintah-Nya. Seorang muslim beribadah membuktikan ketundukkan terhadap perintah Allah.
  • Berzikir kepada Allah, yaitu mengingat Allah dalam berbagai situasi dan kondisi, baik diucapkan dengan mulut maupun dalam hati. Berzikir kepada Allah melahirkan ketenangan dan ketentraman hati.
  • Berdo’a kepada Allah, yaitu memohon apa saja kepada Allah. Do’a merupakan inti ibadah, karena ia merupakan pengakuan akan keterbatasan dan penerapan akhlak dalam Kehidupan.
  • Tawakal kepada Allah, yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Allah dan menunggu hasil pekerjaan atau menanti akibat dari suatu keadaan.
  • Tawaduk kepada Allah, yaitu rendah hati di hadapan Allah. Mengakui bahwa dirinya rendah dan hina di hadapan Allah Yang Maha Kuasa, oleh karena itu idak layak kalau hidup dengan angkuh dan sombong, tidak mau memaafkan orang lain, dan pamrih dalam melaksanakan ibadah kepada Allah.
Seorang muslim harus menjaga akhlaknya terhadap Allah swt, tidak mengotorinya dengan perbuatan syirik kepada-Nya. Sahabat Ismail bin Umayah pernah meminta nasihat kepada Rasulullah saw, lalu Rasulyllah memberinya nasihat singkat dengan mengingatkan.
8
 Janganlah kamu menjadi manusia musyrik, menyekutukan Allah swt dengan sesuatupun, meski kamu harus menerima resiko kematian dengan cara dibakar hidup-hidup atau tubuh kamu dibelah menjadi dua“. (HR. Ibnu Majah).
2.  Akhlak kepada Diri Sendiri
Adapun Kewajiban kita terhadap diri sendiri dari segi akhlak, di antaranya:
  • Sabar, yaitu prilaku seseorang terhadap dirinya sendiri sebagai hasil dari pengendalian nafsu dan penerimaan terhadap apa yang menimpanya. Sabar diungkapkan ketika melaksanakan perintah, menjauhi larangan dan ketika ditimpa musibah.
  • Syukur, yaitu sikap berterima kasih atas pemberian nikmat Allah yang tidak bisa terhitung banyaknya. Syukur diungkapkan dalam bentuk ucapan dan perbuatan. Syukur dengan ucapan adalah memuji Allah dengan bacaan Alhamdulillah, sedangkan syukur dengan perbuatan dilakukan dengan menggunakan dan memanfaatkan nikmat Allah sesuai dengan aturan-Nya.
  • Tawaduk, yaitu rendah hati, selalu menghargai siapa saja yang dihadapinya, orang tua, muda, kaya atau miskin. Sikap tawaduk melahirkan ketenangan jiwa, menjauhkan dari sifat iri dan dengki yang menyiksa diri sendiri dan tidak menyenangkan orang lain.
3.      Akhlak kepada keluarga
Akhlak terhadap keluarga adalah mengembangkann kasih sayang di antara anggota
keluarga yang diungkapkan dalam bentuk komunikasi. Akhlak kepada ibu bapak adalah berbuat baik kepada keduanya dengan ucapan dan perbuatan. Berbuat baik kepada ibu bapak dibuktikan dalam bentuk-bentuk perbuatan antara lain : menyayangi dan mencintai ibu bapak sebagai bentuk terima kasih dengan cara bertutur kata sopan dan lemah lembut, mentaati perintah, meringankan beban, serta menyantuni mereka jika sudah tua dan tidak mampu lagi berusaha.
Komunikasi yang didorong oleh rasa kasih sayang yang tulus akan dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Apabila kasih sayang telah mendasari komunikasi orang tua dengan anak, maka akan lahir wibawa pada orang tua. Demikian sebaliknya, akan lahir kepercayaan orang tua pada anak oleh karena itu kasih sayang harus menjadi muatan utama dalam komunikasisemua pihak dalam keluarga.
Dari komunikasi semacam itu akan lahir saling keterikatan batin,keakraban, dan keterbukaan di antara anggota keluarga dan menghapuskan kesenjangan di antara mereka. Dengan demikian rumah bukan hanya menjadi tempat menginap, tetapi betul-betul menjadi tempat tinggal yang damai dan menyenangkan, menjadi surga bagi penghuninya. Melalui komunikasi seperti itu pula dilakukan pendidikan dalam keluarga, yaitu menanamkan nilai-nilai moral kepada anak-anak sebagai landasan bagi pendidikan yang akan mereka terima pada masa-masa selanjutnya.
4.      Akhlak kepada Sesama Manusia
Berakhlak baik terhadap sesama pada hakikatnya merupakan wujud dari rasa kasih sayang dan hasil dari keimanan yang benar, sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Mukmin yang paling sempurna imanya ialah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik diantara kamu ialah mereka yang paling baik terhadap isterinya“. (HR. Ahmad).
9
D.    Dasar Berbuatan Baik
Akhlakul karimah, tingkah laku yang mulia atau perbuatan yang baik adalah cerminan dari iman yang benar dan sempurna. Dengan istilah lain, yang menjadi dasar utama dari perbuatan baik itu adalah iman yang benar dan sempurna itu. Untuk menciptakan iman dimaksud dapat dicapai dengan memperbanyak amal saleh dan tingkah laku yang mulia. Ini dapat dilakukan dengan baik, jika ia melatih diri berbuat baik dan mulia tersebut. Oleh itu faktor pendidikan dan latihan menjadi pembahasan khusus dalam ilmu akhlak.
“Di antara para ahli mengatakan bahwa akhlak itu adalah instinct ( garizah )yang di bawa sejak lahir. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa akhlak itu merupakan hasil usaha dalam mendidik dan melatih dengan sungguh-sungguh potensi yang dimiliki manusia yang merupakan pembawaannya sejak lahir. Jika pendidikan itu benar, yaitu menuju kebaikan, maka lahirlah perbuatan baik dan jika pendidikannya salah, maka lahirlah perbuatan yang tercela. Jadi sebenarnya yang menjadi dasar perbuatan baik adalah pendidikan dan latihan untuk selalu berbuat baik”. ( Asmaran : 1992 : 44 )
Akhlak yang baik itu tidak dapat dibentuk hanya dengan pelajaran, dengan intruksi dan larangan, sebab tabiat jiwa untuk menerima keutamaan itu tidak cukup seorang guru mengatakan
kerjakan ini dan jangn kerjakan itu. Menanamkan sopan santun memerluka pendidikan yang panjang dan harus ada pendekatan yang lestari. Pendidikan itu tidak akan sukses, melainkan harus diusahakan dengan contoh teladan yang baik dan nyata.
Rasulullah SAW, adalah contoh teladan yang baik di kalangan sahabatnya, beliau menenamkan perangai yang mulia dengan perilaku yang mulia pula, di samping beliau menanamkan dengan memberikan nasehat dan pelajaran. Abdullah Bin Amar pernah mengatakan:
“Sesungguhnya Rasulullah SAW, bukan seorang yang keji dan tidak pernah berkata keji, tetapi beliau berkata : sebaik-baiknya kamu adalah orang yang lebih baik akhlaknya”. ( H.R. Bukhari ).
Dengan memperhatikan uraian di muka dapat diketahui bahwa budi pekerti yang baik itu memeng dapat dicapai dengan jalan melatih diri yakni mula-mula dengan memeksakan diri untuk berbuat sesuatu yang dapat menimbulkan budi pekerti dan akhlak yang baik, hingga akhirnya menjadi watak dan tabiatnya sehari-hari dengan ini dia dengan gampang dan mudah untuk berbuat kebaikan. Tabiat tersebut merupakan sifat atau kondisi mental yang menjadi sadar perbuatan itu.

E.     Melatih Anak-anak Berakhlak Baik
( Al-Ghozali : 1975 : 102 ) “Melatih anak-anak untuk berakhlak yang baik, pada dasarnya adalah tanggung jawab orang tua mereka. Pendapatnya ini ia mengutip ayat Quran, “Hai, orang-orang yang beriman, selamatkanlah dirimu dari keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya ialah manusia dan batu.” Dia juga mengutip hadits untuk menyakinkan bahwa melatih anak-anak untuk berkhlak baik itu adalah kewajiban yang mengikat orang tua.

10

Metoda latihannya sama dengan cara melatih orang dewasa untuk berakhlak baik. Namun, titik berat pada kedua metoda itu berbeda : dalam hal orang dewasa, merupakan metoda dasar mencapai akhlak yang baik, dan oleh sebab itu mendapat tekanan lebih besar ketimbang pergaulan, tetapi dalam khasus anak-anak sebaliknya, melindungi mereka dari pergaulan buruk dianggap sebagai dasar ( ashl ) latihan untuk anak-anak berakhlak yang baik. Hal ini karena bagian besar pengajaran untuk mereka adalah melalui peniruan.
“Jika orang tua membiasakan yang baik-baik pada anaknya dan mengajarkan yang baik itu kepadanya, anak itu akan tumbuh di atas kebaikan. Cara memelihara anak itu dengan mendidiknya, melatihnya, dan mengajarinya akhlak pekerti yang baik, mencegah berteman dengan orang-orang dan anak-anak yang jahat, tidak membiasakan memanjakanya dan tidak menyediakan perhiasan atau sarana untuk kenyamanan hidup yang disukainya, kalau tidak demikian, anak itu jika bertambah usianya akan menghabiskan waktunya mencari kesenangan tersebut dan oleh sebab itu rusaklah jiwanya sepanjang masa.”

F.     Pembinaan Akhlak anak Remaja
Dengan pembinan akhlak ingin dicapai terwujudnya manusia yang idealanak yan g bertakwa kepada Allah SWT dan cerdas. Di dalam dunia pendidikan, pembinaan akhlak tersebut dititik beratkan kepada pembentukan mental anak atau remaja agar tidak mengalami penyimpangan. Dengan demikian akan mencega terjdinya “Juvenile Delinquency”,
sebab pembinaan akhlak berarti bahwa anak remaja dituntun agar belajar memiliki rasa tanggung jawab. Yang dimaksud dengan ia telah bertanggung jawab, bahwa ia telah mengerti tentang perbedaan antara yang benar dengan yang salah, yang boleh dan yang dilarang, yang di anjurkan dan yang dicegah, yang baik dan yang buruk, dan ia sadar bahwa ia harus menjahui segala yang bersifat negaif dan mencoba membina diri untuk selalu menggunakan hal-hal yang positif.
Prof.W.A. Bonger dalam Sudarsono ( 1989 : 149 ) dalam kitab kecilnya “Inleiding tot de criminologi” antara lain mengemukakan, kejahatan anak-anak dan pemuda-pemuda sudah merupaka bagian yang besar dalam kejahatan. Berdasarkan prof.W.A. Bonger dalam sudarsono dapat dipahami bahwa”penanggulangan kenakalan remaja baik secara “moralistik” maupun “ abolisionistik”.
Ø  Moralistik, menyebar luaskan di kalangan anak-anak remaja beberapa sarana untukmemperteguh moral dan mental anak remaja agar dapat terhindar dari dorongan nafsu ingin berbuat jahat, sarana tersebut adalah ajaran-ajaran agama, etika budi pekerti, norma-norma sosial.

Ø  Abolisionistik, berusaha mencegah kemungkinan timbulnya kenakalan remaja dengan meniadakan faktor-faktor yang terkenal sebagai penyebab timbulnya kenakalan remaja. Umpamanya memperbaiki ekonomi rakyat untuk menjegah kenakalan remaja yang di sebabkan tekanan ekonomi ( pengaruh kemiskinaan dan keleparan ) mempertinggi kebudayaan dan memperbaiki peradaban. ( Sudarsono : 1989 : 150 )

11
SIMPULAN
Asmaran (1992 : 2 ) Dilihat dari sudut (etimologi), pengertian akhlak (bahasa arab) adalah bentuk jamak dan kata khluk.Khluk di dalam kamus al-Munjid budi pekerti , perangai, tingkah laku dan tabiat.
Akhlak adalah hal yang terpenting dalam kehidupan manusia karena akhlak mencakup segala pengertian tingkah laku, tabi’at, perangai, karakter manusia yang baik maupun yang buruk dalam hubungannya dengan Khaliq atau dengan sesama makhluk.Akhlak ini merupakan hal yang paling penting dalam pembentukan akhlakul karimah seorang manusia.Dan manusia yang paling baik budi pekertinya adalah Rasulullah S.A.W.
Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu seorang sahabat yang mulia menyatakan: “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling baik budi pekertinya.”(HR.Bukhari dan Muslim).
1.      Etika, Ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran.
2.      Moral, merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan batasan terhadap aktifitas manusia dengan nilai atau hukum baik dan buruk, benar atau salah.  Dalam kehidupan sehari-hari dikatakan bahwa orang yang mempunyai tingkah-laku yang baik disebut orang yang bermoral .
3.      kesusilaan sama dengan kesopanan. Ini menunjukan bahwa kesusilaan bermaksud membimbing manusia agar hidup sopan sesuai dengan norma-norma tata susila.











12

DAFTAR PUSTAKA
Asmaran, 1992. Penghantar Setudi Hadits. Cipta prakarsa. Jakarta.
Amin, Ahmad. 1975. Etika Ilmu Akhlak. NV Bulan Bintang. Jakarta.
Burhanuddin, Salam. 1997. Etika Individual. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Hamzah, ya’qub. 1983. Etika Islam. CV. Diponogoro.
Mudlor, Ahmad. ( tanpa tahun ). Etika Dalam Islam. Al-Ikhlas. Surabaya.
Poerwadarminta. 1982. Kamus Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
Rahmaniyah, Istighfarotur. 2010. Pendidikan Etika. Aditiya Media. Malang.
Sudarsono, 1989. Etika Islam Dalam Kenakalan Remaja. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Sahilum, A.Nasir. 1999. Tujuan Akhlak. Al-Ikhlas. Surabaya.
M. Yatimin, Abdullah. 2007. Studi Akhlak. Amzah. Jakarta.















13

1 komentar:

  1. Tambahkan tulisan 'link ke www.iaincirebon.ac.id'
    Selamat....teruslah menulis. Tugas ini hanya sebagai pembuka. Semoga kelak, tulisannya semakin baik

    BalasHapus